Rabu, 22 Februari 2012

Kompas Geologi


Kompas geologi banyak macamnya, di antaranya tipe Azimuth dan tipe Kuadran. Tipe Azimuth punya skala dari 0-360°, sedangkan tipe Kuadran punya 4 kuadran yang masing-masing besarnya 90°. Kompas geologi yang biasa dipakai di Indonesia biasanya tipe Azimuth.
Bagian-bagian kompas Geologi :
1. Jarum kompas/magnet, kedua ujung dari jarum kompas selalu menunjuk ke arah kutub Utara dan kutub Selatan
2. Lingkaran pembagian derajat, pembagian derajat yang dikenal ada dua yaitu kompas azimuth dan kompas kwadran
3. Klinometer, merupakan rangkaian alat yang gunanya untuk mengukur besarnya kemiringan bidang
4. Pengukur horizontal, ada dua berupa sebuah nivo bulat dan nivo tabung yang bergandengan dengan klinometer berisi air dengan satu gelembung
5. Pengatur arah
Bagian penyusun inti :
1. Adjusting screw, berupa skrup sebagai penggerak lingkaran pembagian derajat
2. Axial line, merupakan garis sumbu pengarah objek
3. Bull’s eye level (mata sapi), nivo bulat pengukur horizontal kompas
4. Klinometer level, sama seperti mata sapi namun bentuknya berupa tabung
5. Kompas needle, merupakan jarum kompas penunjuk arah utara dan selatan kutub magnet
Penggunaan kompas Geologi :
1. Mengukur Strike
Tempelkan sisi E (east), geser-geser, bersabarlah hingga gelembung udara dalam Bull's eye level masuk ke dalam lingkaran, jangan langsung diotak-atik, tapi tunggu dulu hingga jarum kompas stabil, terakhir amati sudut yang ditunjuk arah Utara. Lalu tulislah sesuai petunjuk N _˚ E
2. Mendukur Dip
Tempelkan sisi W (west) badan kompas usahakan membentuk sudut 90˚ terhadap strike, Clinometer level diputar-putar sampai gelembung udara berada di antara garis dalam clinometer level/ ditengah-tengahnya, terakhir baca sudut dalam clinometer scale.
3. Mengukur Plunge
Cara mengukurnya seperti mengukur Dip, namun karena kita mengukur struktur garis maka pakai bantuan buku, atau papan jalan untuk mempermudah, dengan jalan menempelkan sisi buku di struktur garis dan melakukan pengukuran di sisi buku yang lain.
4. Mengukur Trend
Cara mengukurnya seperti mengukur Strike, namun karena kita mengukur struktur garis kan susah tuh, maka pakai bantuan buku, atau papan jalan untuk mempermudah, dengan jalan menempelkan sisi buku di struktur garis dan melakukan pengukuran di permukaan datar yang ada di buku atau papan jalan tersebut.
5. Mengukur Pitch
Cara mengukurnya jadi pertama buatlah garis strike di permukaan bidang, lalu langsung ukur derajat antara struktur garis dan strike menggunakan busur derajat.
6. Digunakan untuk mentukan tempat kita terhadap suatu benda dan arah Utara

Untuk melakukan pengukuran dengan cara ini, kita harus menggunakan small sight, large sight dan cermin agar hasil pengkurannya maksimal. Skema pengukuran bisa dilihat digambarkan.





7. Digunakan untuk mentukan tempat kita terhadap dua buah benda atau lebih.

Untuk melakukan pengukuran dengan cara ini, kita harus menggunakan small sight, large sight dan cermin agar hasil pengkurannya maksimal. Skema pengukuran bisa dilihat digambarkan

Tidak ada komentar: